Program Kampung UKM Digital Sudah Sampai Bandung

Program Kampung UKM Digital Sudah Sampai Bandung yang sebelumnya PT. Telekomunikasi Tbk (Telkom) sudah mengerjakan Program kampung UKM digital di kota Tangerang selatan. Kota Mojokerto juga sudah dikerjakan kampung UKM digital oleh telekom dan selanjutnya akan merampah ke kota-kota lainnya diseluruh Indonesia.

Sentra Kaos Suci Bandung (SKOCI) menjadi target pusat pelumcuran kampung UKM Digital. Lalu kapan ya sampai Palembang?

Program Kampung UKM Digital diadakan oleh telekom semata-mata untuk mendukung program pemerintah untuk memajukan UKM di Indonesia. Program tersebut merupakan salah satu pengembangan UKM yang saat ini tengah berjalan yaitu Roadshow Program BAGUS Indonesia. Ya program tersebut adalah sebuah gerakan untuk membina aspirasi Satu Juta UKM di seluruh Indonesia. Program BAGUS Indonesia sendiri berupa kegiatan edukasi langsung untuk memperkenalkan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kepada pelaku UKM di Seluruh Indonesia.

Menurut Direktur Enterprise & Busines Service Telekom, Muhammad Awaluddin bahwa konsep Kampung UKM Digital adalah pemenfaatan TIK secara komprehensife dan terintegritas untuk mendukung proses bisnis yang berjalan dalam satu kampung atau area tertentu, sehingga pelaku UKM yang sudah ada akan semakin maju, mandiri dan modern pastinya.

Peluncuran di Bandung berlangsung cukup sederhana di Pusat Komunitas SKOCI Jl. Suci Bandung. Dalam hal ini, Telekom bekerja sama dengan Pemkot Bandung, PD Pasar Bandung Bermartabat, Kampus-kampus dan berbagai komunitas UKM di Bandung.

Program yang diadakan telkomsel di bandung ternyata sejalan dengan Pemkot Bandung yang berupa pengembangan UKM kota bandung yang sudah cukup terkenal sebagai pusat Industri Kreatif. Sentra Kaos Suci tersebut sangat spesial mengingat unsur kreatifitas sangat kental dan ekosistem bisnisnya yang lebih komplit serta para membernya juga berkumpul disatu area yang berjumlah sekitar 415.

Program Kampung UKM Digital tersebut diharapkan dapat merubah pola bisnis offline menjadi online demi kemajuan UKM dikota Bandung. Pelaku UKM SKOCI dapat memanfaatkan aplikasi yang sudah disediakan oleh telekom, seperti BosToko, Jervis-Store, belanja.com dan www.smartbisnis.co.id. Selain itu juga ada aplikasi terkait logistik, keuangan hingga SDM. Sehingga Chain bisnis member SKOCI dapat terintegrasi penuh secara digital dan yang pasti akan lebih cepat.

Target dari telekom sampai akhir tahun 2015 ini, paling tidak dapat menggelar 60 Kampung UKM Digital diseluruh Indonesia dan kota yang belum masuk program tersebut akan menyusul pada tahun 2016. Hal tersebut merupakan strategi jitu dalam menuju 1 juta UKM ter-digitalisasi. Jadi bagi kota yang belum dikerjakan program tersebut harap bersabar ya,,,

0 Response to "Program Kampung UKM Digital Sudah Sampai Bandung"

Poskan Komentar