Media Sosial Akan Terus Ada

Media Sosial Akan Terus Ada didunia dan bukan hanya sebuah tren sesaat menurut menurut Erik Qualman, sipenulis buku teraris Socialnomics. Media sosial yang laris manis dan akan terus ada misalnya seperti Facebook, Twitter, Flickr, dan YouTube, media tersebut tidak akan hilang, kecuali sudah tidak ada lagi jaringan internet dimuka bumi ini.

Qualman memberikan beberapa fakta yang mendukung pendapatnya. Di Amerika Serikat, 1 dari 8 pasutri yang menikah pada 2009, mengaku bertemu lewat media sosial. Media sosial bahkan telah mengalahkan pornografi sebagai aktivitas di internet. Bahkan, kalau Facebook adalah sebuah negara, ia akan menjadi negara terpadat ketiga setelah Cina dan India.

Satu bukti lagi, situs web Foursquare, pendatang baru dalam dunia media sosial, baru-baru ini mengumumkan jumlah anggotanya sudah 2 juta orang. Tiga bulan lalu, anggota mereka mencapai 1 juta. Konsultan media sosial Giovanni Gallucci mengatakan, banyak orang sudah mengadposi media sosial ke dalam kehidupan sehari-hari dengan sangat cepat.

"Kebutuhan untuk hal itu sebetulnya sudah ada sejak dulu, tapi tak ada kendaraan untuk mengakomodasinya. Koneksi internet cepat belum ada 10 tahun yang lalu. Kini, kombinasi antara koneksi yang cepat, ponsel, dan perangkat seperti iPad, membuat situs web media sosial meledak.

Perangkat yang harganya tak mahal pun mendukung media sosial. Beberapa ponsel murah sudah diisi dengan aplikasi untuk mengakses Facebook dan Twitter. Orang selalu membawa ponsel, sehingga membuat akses ke situs media sosial selalu tersedia, menurut Jacob Morgan dari Chess Media.

Qualman memerkirakan, media sosial akan membuat langkah yang besar lagi beberapa tahun mendatang. Media sosial akan memanfaatkan industri e-book yang berkembang bersamaan dengan banyaknya penjualan iPad dan alat baca elektronik lain. Saya tak akan terkejut melihat perusahaan besar beriklan di dalam e-book. sebagai contoh begini misalnya. Sebuah e-book bisa menyebutkan sebuah restoran. Ketika nama restoran itu diklik, muncul lah menu makanan di restoran tersebut.

Qualman memerediksi, gabungan antara media sosial dan e-book akan berefek pada pendidikan. Siswa bisa berbagi catatan virtual mereka lewat media sosial. Saya sendiri kalau sudah merasa jenuh bekerja, males ngeblog, sudah males ngapa-ngapain, ujung-ujungnya ya buka media sosial, bagaimana dengan anda?

3 Responses to "Media Sosial Akan Terus Ada"

  1. mantap gan, aku wong palembang nih gan :D
    kunjungin blog ane yah gan : goodbestuniversity.blogspot.com

    BalasHapus
  2. mantap lur,, klo ado kaos nyo... kiro2 pck order idak...?

    BalasHapus