Kisah Danny Kitchen

Tak semuanya yang gratis itu aman bagi dompet. Itulah yang dipelajari orang tua Danny Kitchen, seorang anak berumur 5 tahun di Warmley, Inggris, dengan cara yang mengejutkan. Cerita berawal ketika Danny kecil ingin mengunduh game Zombies vs Ninja di tablet iPad milik orang tuanya, Greg dan Sharon Kitchen.

Karena game tersebut bisa diunduh secara gratis, orang tua Danny tak keberatan memberikan password iPad. Sekalian membuat sibuk anak itu agar tidak rewel karena  keluarga Kitchen sedang sibuk kedatangan banyak tamu. Danny pun mengunduh game yang bersangkutan dan mulai bermain, sementara orang tuanya mengobrol dengan handai taulan. Hari itu berakhir tanpa insiden apapun.

Namun, betapa kagetnya pasangan itu ketika esoknya menerima 19 e-mail dari iTunes yang menyatakan bahwa mereka sudah membelanjakan 1.710 poundsterling atau sekitar Rp 24 juta melalui toko aplikasi tersebut. Bank yang menerbitkan kartu kredit milik keluarga Kitchen pun menelepon mereka karena curiga dengan pengeluaran tiba-tiba berjumlah besar tersebut.

Setelah diselidiki, ternyata Danny telah membeli banyak item virtual dari toko dalam game yang dia mainkan itu. Seperti diketahui, aplikasi, konten digital, dan item virtual (in-app purchase) di App Store serta iTunes bisa dibeli melalui kartu kredit yang telah didaftarkan di akun Apple ID.

"Saya tak tahu bagaimana saya melakukannya, saya kira semua itu gratis," ujar Danny pada The Telegraph, yang dikutip oleh Cnet. Orang tua Danny jelas marah tetapi luluh oleh kepolosan anak tersebut yang menangis penuh sesal begitu menyadari kesalahannya.

Setelah itu, Danny mengaku tak dibolehkan lagi memegang iPad. "Saya akan tetap main game, tapi akan lebih berhati-hati lain kali." Kejadian tersebut hanya berselang beberapa hari dari peristiwa serupa di Amerika Serikat, yang berujung pada tuntutan hukum terhadap Apple.

Beruntung, dalam kasus kali ini Apple langsung bersedia mengembalikan uang yang terlanjur dibelanjakan karena keluarga Kitchen melaporkan kejadian tersebut dengan segera. Juru bicara Apple mengatakan bahwa semua perangkat iOS sebenarnya memiliki fasilitas parental control.

Dalam panduan iTunes, Apple juga menjelaskan langkah-langkah pencegahan agar anak-anak hanya bisa mengakses konten yang sesuai untuk mereka. Satu langkah yang tercantum dalam urutan pertama adalah: "Jangan membagi password Anda dengan orang lain".

0 Response to "Kisah Danny Kitchen"

Posting Komentar