Jurus Menyebarluaskan Sistem Peringatan Dini

Ini kelebihan bangsa Jepang. Bencana gempa dan tsunami pada Maret 2011 menjadi pelajaran dan pengalaman berharga. Dari bencana itu akhirnya muncul gagasan memanfaatkan media sosial sebagai jurus menyebarluaskan sistem peringatan dini.

Semua itu berangkat dari asumsi di mana internet lebih mudah diakses dalam situasi bencana ketimbang layanan komunikasi seperti telepon selular. Badan Manajemen Bencana dan Kebakaran Jepang berencana mengintegrasikan sistem peringatan dini bencana dengan layanan berbasis sosial media.

Rencananya, sistem peringatan dini berbasis sosial media itu akan diuji coba musim panas tahun ini. Uji coba ini akan mensimulasikan seseorang yang dalam situasi darurat bencana berusaha mencari pertolongan lewat sosial media. Pilihannya adalah Twitter atau situs Mixi yang popular di Jepang.

Simulasi ini disusun berdasarkan pengalaman para korban gempa di Kota Kesennuma di Miyagi Prefecture yang diselamatkan kerabatnya setelah mendapat pesan dari Twitter. Tak ada salahnya Basarnas di Indonesia menirunya.

0 Response to "Jurus Menyebarluaskan Sistem Peringatan Dini"

Posting Komentar