Bimbing Anak Saat Ujian

Bulan Maret telah tiba. Itu artinya, ujian besar segera datang. Seperti ujian mid semester, ujian semester, atau ujian akhir sekolah. Meskipun yang menghadapi ujian anak-anak, namun kita juga kepikiran. Saat ujian, setiap siswa akan belajar keras dan bekerja keras demi nilai tinggi di kelas. Namun, kondisi ini terkadang membuat siswa berada di bawah tekanan, stres, dan cemas untuk melakukan dan berhasil. Terkadang mereka membutuhkan bimbingan konselor (guru BK), guru, atau orangtua.

Tetapi sebagai orangtua, sebaiknya kita mendorong anak-anak untuk belajar dengan baik. Dukung mereka setiap waktu, agar mereka siap menghadapi ujian. Jangan buat anak semakin cemas dan stres karena sikap kita.

Yuk coba ikuti trik yang dapat kita lakukan mengurangi ketegangan kita yang anaknya menghadapi ujian. Apa sajakah itu?

Rencana

Rencana merupakan aspek penting untuk menyiapkan diri sendiri untuk menghadapi ujian. Begitu pula jika anak sedang menyiapkan ujian, pastikan semua catatannya siap dan lengkap.

Bersihkan keraguan

Jika kita ragu dengan kemampuan anak, sebaiknya yakinkan pada diri sendiri bahwa hal itu tak akan terjadi. Percayalah pada kemampuan anak.

Berpikir positif

Selama periode ini, penting bagi kita tetap berpikir positif. Jangan biarkan pikiran negatif yang tidak diinginkan menyusup ke dalam pikiran kita. Dan hadapi semua ini dengan santai, sehingga anak akan "ketularan" sikap positif ini.

Konsumsi makanan sehat

Makanan sehat selama ujian adalah hal penting. Berikan makanan sehat yang kaya vitamin dan protein kepada anak. Seperti sayuran, buah-buahan, sereal, dan telur. Hindari junk food selama ujian. Karena nutrisi yang baik penting bagi otak agar "tampil" optimal.

Cukup sitirahat

Boleh saja anak kita belajar keras, tetapi yang penting mereka dapat tidur nyenyak. Tetapkan jadwal belajar dan waktu tidur anak. Pastikan mereka mendapatkan minimal tujuh jam waktu tidur. Karena hal ini bisa membantu mempertahankan apa yang telah mereka pelajari siang hari dan membuat segar pada keesokannya.

0 Response to "Bimbing Anak Saat Ujian"

Posting Komentar