Produk Nokia Asha

Sejak diluncurkan pada awal tahun ini, produk Nokia Asha memberi kontribusi lebih besar dibandingkan dengan lini ponsel pintar, Nokia Lumia. "Kontribusi lini Lumia memang kecil, tapi kami membangun brand image, sedangkan tren kontribusi Asha lebih matang," kata Head of Marketing Nokia Indonesia, Lukman Susetio, usai media breifing Nokia di Grand Indonesia, Jakarta, Jumat 27 Juli 2012.

Produk Nokia Asha Lukman mengatakan, meski kontribusi lini ponsel pintar Nokia kecil, tapi secara pengapalan tingkat global menunjukkan respons kenaikan. Sayangnya, dia tidak memberikan keterangan detail apakah pengapalan tersebut berbanding lurus dengan hasil penjualan Nokia Lumia di Indonesia atau tidak.

"Itu responsnya tidak berbeda dengan tren global, tiap kuartal pertumbuhan Nokia Global sampai 100 persen," katanya.

Untuk itu, pada semester kedua ini, Nokia menjanjikan akan memperkenalkan portofolio terbarunya, terutama lini ponsel pintar.

Lukman menambahkan, strategi Nokia Lumia ini untuk membangun ekosistem dengan sistem operasi Windows Phone miliknya. "Sejak Februari lalu, awalnya aplikasi yang ada di Nokia Indonesia mencapai 30 ribuan, kini telah berkembang 100 ribu aplikasi lebih," katanya.

Untuk mendongkrak merek Nokia Lumia, pihaknya gencar melakukan strategi komunikasi dan memperkenalkan kepada konsumen melalui berbagai promosi, termasuk melepas edisi khusus Nokia Lumia 900 Batman yang hanya dibuat 5.000 unit dan dijual di 16 negara. Indonesia pada produk ini mendapat jatah 200 unit.

Soal anggapan turunnya pamor sistem operasi Windows Phone dibandingkan dengan Android, iOS maupun BlackBerry, ia mengatakan langkah Nokia tidak mengimbangi dengan penjualan produk saat sistem operasi symbian menurun.

Potensi Asha
Sedangkan lini ponsel fitur, Nokia tetap mengandalkan lini Asha yang memberikan kontribusi besar pada penjualan Nokia. "Sampai ini masih besar, pasar industri ponsel fitur secara keseluruhan masih 60 persen per Juni," katanya mengutip data dari Firma Gfk.

Ia menegaskan, Nokia masih mengandalkan lini Asha dan Lumia dalam beberapa waktu ke depan. "Lumia itu dalam mendukung Microsoft, dan juga pertumbuhan Windows Phone. Ini salah satu poin penting kami, terlebih segera muncul Windows 8," katanya.

1 Response to "Produk Nokia Asha"

  1. Ponsel baru Nokia ya, ternyata memakai sistem operasi windows phone.

    Info yang bermanfaat niy,
    Salam blogger :)

    BalasHapus