Sejarah Pendiri Microsoft Bill Gates

Pendiri Microsoft, Bill Gates mendokumentasikan pandangannya pada buku The Road Ahead (Jalan Mendatang) yang terbit 1995. Jauh sebelumnya, dalam wawancara tahun 1987, Gates telah memberikan prediksi teknologi masa depan. Gates meramalkan TV LCD, pengenalan perintah suara Siri, YouTube, Wikipedia, dan pembayaran tanpa kartu.

Pada 1987, majalah OMNI memuat prediksi para jenius termasuk Gates. Pendiri Microsoft yang saat itu berusia 32 tahun ini telah menjadi miliuner paling muda. Windows mulai mendominasi sebagai sistem operasi perangkat kerja perusahaan dunia.

Majalah Smithsonian membandingkan prediksi Gates dengan kondisi teknologi dunia pada 2012.

Gates pada saat itu diminta memprediksi dunia dalam 20 tahun mendatang yakni 2007. Tapi, beberapa di antaranya terwujud pada beberapa tahun terakhir ini.

Pada 1987, internet baru mulai mengemuka. Ini membuat prediksi menjadi tidak mudah. Tapi, Gates sudah memiliki visi tentang internet. Dia mendeskripsikan sentuhan YouTube dan Wikipedia yang cocok dengan kehidupan masa kini.

"Pada 20 tahun nanti, Zaman Informasi pasti telah datang. Mimpi untuk mendapatkan basis data dunia dengan sentuhan jari Anda akan menjadi realita," ujar Gates dulu seperti dilansir dari Daily Mail.

"Anda bisa membuat tayangan video sendiri dan memuatnya sendiri. Sekarang, jika Anda ingin membuat gambar pada layar, Anda harus memotretnya. Misalnya, gambar pantai dan ombak," imbuhnya.

"Dalam 20 tahun, Anda bisa membuat gambar dan pemandangan sendiri. Anda akan dapat menyimpan representasi tingkat tinggi tentang gambaran matahari atau cara angin bertiup. Percayalah, jika Anda menginginkan ada bintang film tertentu terlihat sedang bersantai di pantai, Anda bisa membuatnya. Orang-orang mulai melakukan ini," ujar Gates meramal.

Tahap terakhir ini belum sepenuhnya terwujud. Industri visual seperti film dan game video mulai menjajakinya. Gates meramalkan kemampuan iPad Apple menampilkan gambar dengan Retina Display. "Anda berada di rumah. Anda sudah memiliki perpustakaan gambar yang akan berisi semua karya seni terbaik dunia," ujar Gates.

"Anda juga akan memiliki perangkat berlayar datar dengan harga terjangkau untuk digunakan di rumah. Resolusi layar itu sangat bagus untuk memproyeksikan gambar seperti melihat langsung lukisan cat minyak dengan mata. Tampilannya akan sangat realistis," imbuhnya.

Teknologi Apple, Siri juga masuk dalam visi masa depan Gates.

"Kita akan memiliki teknologi pengenalan suara yang berkualitas. Saya dapat bangun pagi dan mengatakan, 'Tunjukkan lukisan Da Vinci.' Perangkat dapat menampilkan gambar resolusi tinggi yang saya inginkan di langit-langit. Teknologi ini juga bisa menampilkan musik atau video. Dunia akan online. Anda bisa melakukan simulasi tentang apa saja," ramal Gates.

Kendati belum ada TV di langit-langit, tapi ramalan lainnya hampir mendekati.

Beberapa waktu lalu, teknologi bisa "menghidupkan" selebritas yang telah meninggal dalam wujud tiga dimensi. Rapper Tupac bisa tampil pada pertunjukkan di Las Vegas, Amerika Serikat.

Gates memperkirakan setiap orang dapat terlibat dalam menentukan kualitas hiburannya sendiri. "Jika Anda suka Bill Cosby, nanti akan ada deskripsi digital Cosby. Gerak tubuh dan tampilannya akan mirip. Anda bisa membuat acara sendiri dari tampilan itu," ujar Gates.

"Dalam 20 tahun, kita bisa mensintesa realitas. Kita akan melakukannya dengan realisasi yang super dan dalam waktu bersamaan. Mesin akan mengecek data dan memberikan ide cerita yang akan Anda bagikan nanti. Mesin itu juga membuat Anda mengetahui lagu yang akan Anda nyanyikan dan lelucon yang belum pernah Anda dengar sebelumnya. Saat ini kita hanya bisa melakukan simulasi penerbangan saja," urai Gates.

Transaksi online juga masuk dalam prediksi Gates.

"Beberapa hal akan hilang dalam hidup kita. Mesin akan menggeser pertukaran fisik, baik dengan data suara atau jari. Jadi, kartu kredit dan cek perlahan harus menyingkir," paparnya.

Kendati bisa meramalkan masa depan, teknologi yang disebutkan Gates banyak yang dibuat oleh Apple dan Google. Inovasi Microsoft belum memberikan gebrakan berarti dalam mewujudkan prediksi Gates.

Satu hal yang luput dari ramalan yakni pencapaian Microsoft dibanding kompetitornya Apple dan Google. Microsoft tampak statis sejak 2000.

Anda sedang membaca artikel Sejarah Pendiri Microsoft Bill Gates dan artikel ini url permalinknya adalah http://palembang-blogger.blogspot.com/2012/06/sejarah-pendiri-microsoft-bill-gates.html
Semoga artikel Sejarah Pendiri Microsoft Bill Gates ini bisa bermanfaat.

Related Posts

0 Response to "Sejarah Pendiri Microsoft Bill Gates"

Poskan Komentar