Perhelatan SEA Games XXVI

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tak ingin kehilangan kesempatan dalam mempromosikan pariwisata Ibukota selama perhelatan SEA Games XXVI berlangsung. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Arie Budhiman, mengatakan, pihaknya menyediakan empat paket tur dalam kota (city tour) gratis untuk para atlet SEA Games.

"Paket tur ini merupakan bentuk keramahtamahan Jakarta terhadap para atlet, sekaligus upaya untuk meningkatkan promosi pariwisata di Ibukota," kata Arie di Balaikota DKI Jakarta, Jumat, 4 November 2011. Menurut Arie, di tiap hotel tempat para atlet menginap, Dinas Pariwisata dan
Kebudayaan DKI menyediakan sebuah bus dengan empat paket tur yang bisa dinikmati para atlet. “Busnya untuk 48 orang, ada satu orang guide,” jelasnya.

"Atlet boleh memilih satu dari empat pilihan paket tur setiap harinya. Ada wisata Kota Tua, wisata Monas, wisata Taman Mini, dan Ancol,” tambahnya. Selain itu, kata Arie, para atlet SEA Games juga akan diajak ke pusat-pusat perbelanjaan ternama di Jakarta. "Kalau dari wisata Kota Tua, kami ajak mereka ke Mangga Dua, ini kan memperkenalkan kota kita juga,” ujarnya.

Paket wisata itu dimulai pukul 10.00 hingga 16.00 WIB mulai 14-22 November 2011. Arie juga memprediksi tingkat hunian hotel akan meningkat drastis. “Sebenarnya kalau akhir tahun memang penuh, tapi karena ada SEA Games jadi tambah ramai,” tuturnya antusias.

Jumlah kunjungan wisatawan juga diprediksi meningkat. Selain karena ada 10 ribu atlet yang datang, juga diperkirakan ada banyak suporter dari negara lain yang ikut menyaksikan SEA Games. Arie mengatakan, 32 hotel di Jakarta disediakan untuk 3.766 atlet, 1.337 wasit, dan 1.877 staf official dari 11 negara.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengimbau warga Jakarta untuk turut
menyukseskan dan mendukung SEA Games XXVI. “Mari sukseskan SEA Games, menjadi warga yang tertib dan menjaga lingkungan. Setidaknya di lingkungan masing-masing,” katanya.

Menurut Fauzi, sebanyak 11.365 petugas kepolisian dari Polda Metro Jaya dan 5.432 petugas satpol PP DKI Jakarta akan diturunkan untuk mengamankan Jakarta. Selain itu, Dinas Perhubungan DKI Jakarta telah menyiapkan 746 bus dan 7 kapal yang akan dioperasikan untuk 45 shuttle bus dengan 14 rute perjalanan yang menghubungkan hotel dan gelanggang.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga telah menyiapkan delapan rumah sakit rujukan di Jakarta dan tiga rumah sakit rujukan di Jawa Barat.

0 Response to "Perhelatan SEA Games XXVI"

Posting Komentar