Panitia SEA Games 2011 atau Indonesia SEA Games Organizing Committee

Panitia SEA Games 2011 atau Indonesia SEA Games Organizing Committee (Inasoc) telah mendapatkan payung hukum penunjukan langsung pengadaan barang dan jasa SEA Games 2011 setelah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) No 59 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Untuk Penyelenggaraan SEA Games XXVI/2011 dan ASEAN Para Games VI/2011.

Namun muncul kekhawatiran tidak sesuainya spesifikasi pengadaan peralatan pertandingan tersebut. Menanggapi hal ini, Ketua Umum Inasoc, Rita Subowo menegaskan, bahwa pengadaan barang untuk perlatan pertandingan tetap diawasi oleh berbagai pihak, di antaranya Kejaksaan Agung, dan Inspektorat Kemenpora.

“Mereka melakukan asistensi juga verifikasi pengadaan peralatan pertandingan,” ujar Rita dalam konferensi pers seusai Rapat Koordinasi Sea Games di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa 4 Oktober 2011 malam.

Menpora Andi Malarangeng juga menegaskan soal pengawasan tersebut. “Kami tetap mengawasi, dan untuk pengadaan kami serahkan ke Inasoc,” ujar Andi.

Dia menambahkan, secara teknis dalam menentukan pengadaan barang dan jasa peralatan pertandingan Kemenpora menyerahkan Inasoc, kemudian Inasoc berkoordinasi dengan PB masing-masing cabang olahraga karena pihak mereka yang lebih tahu mengengai peralatan yang dibutuhkan tersebut.

Untuk diketahui, SEA Games 2011 akan berlangsung di dua kota yakni Palembang dan Jakarta dan memperoleh alokasi dana dari APBN 2010 sebesar Rp1 triliun, dana APBN Perubahan 2011 sebesar Rp700 miliar, dana APBD-P Sumatera Selatan sebesar Rp111 miliar. Sedangkan sumber dana dari pihak non pemerintah senilai Rp1,6 triliun. Total kebutuhan anggaran diperhitungkan yakni Rp3,1 triliun.

Kegiatan regional yang akan berlangsung selama 12 hari dengan rencana pembukaan pada 11 November di Palembang, diikuti 11 negara yang akan mempertandingkan 44 cabang olah raga. Dari 15 tempat pertandingan dan kelengkapan prasarana, maka hanya empat yang dilaksanakan di Jakarta, sedangkan 11 lainnya di Palembang.

0 Response to "Panitia SEA Games 2011 atau Indonesia SEA Games Organizing Committee"

Posting Komentar