Gubernur Sumsel Alex Noerdin

Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengklaim kualitas venues di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang lebih baik dibandingkan Jakarta. Bahkan, Alex mengkritik persiapan Jakarta yang merupakan tuan rumah kedua bersama Sumsel. “Saya tersinggung atas usul pemindahan cabor ke Jakarta. Padahal, apa yang kita lakukan lebih baik daripada Jakarta,” ungkap Alex di hadapan anggota DPRD Sumsel dan jajaran Pemprov Sumsel serta para undangan saat paripurna 11 raperda kemarin. Menurut Alex, kualitas pembangunan venues di JSC Palembang sudah melebihi standar Jakarta.

“Perencanaan pembangunan yang kita laksanakan sekarang lebih baik daripada Jakarta. Justru Jakarta lebih banyak kekurangan daripada Sumsel. Bahkan, pembangunan venues SEA Games di Sumsel melebihi kualitas di Asia Tenggara,” ujarnya. Saat ini, ungkap Alex, tes event polo air telah diikuti 12 negara, termasuk di antaranya Iran dan Jepang. Karena itu, Alex menilai ungkapan ketidaksiapan Sumsel oleh beberapa orang karena mereka belum melihat kondisi JSC yang sebenarnya.

“Saya lihat tayangan salah satu TV swasta yang menayangkan pembangunan venues2 atau 3 minggu lalu. Mereka sengaja mencari-cari kesalahan dan kekurangan, tapi tidak pernah memberitahukan hal positif terkait pembangunan kita,” ujarnya orang nomor satu di Sumsel ini. Ke depan dia berharap pemerintah pusat dan elemen masyarakat mendukung persiapan SEA Games untuk pencitraan positif bangsa Indonesia.

“Ini bukan proyek gubernur, proyek Alex Noerdin, ataupun rakyat Sumsel, tapi tanggung jawab bangsa dan Republik Indonesia. Saya tak peduli omongan orang, terpenting saat ini adalah kerja. Harga diri kita dipertaruhkan. Lupakan perbedaan antara kita, lupakan partai,warna, dan segalanya. Masyarakat Sumsel atau yang sudah lama tinggal di Sumsel mari ikut membangun Sumsel,”papar Alex. Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Sumsel Rozak Amin mengingatkan pihak kontraktor untuk mempercepat proses pembangunan venuesyang belum selesai karena waktu pelaksanaan SEA Games tinggal sebulan lagi.

“Hasil pantauan, kita infrastruktur belum 100% selesai. Ini harus dipacu, termasuk site development kawasan tersebut. Apalagi, sudah banyak keluhan terhadap pelaksanaan tes event tenis, seperti masalah MCK yang tak sesuai standar dan sebagainya. Ini harus segera diperbaiki, kami minta kontraktornya mengecek ulang lagi,” katanya.

SEAG Bermanfaat Bagi Sumsel

GubernurSumsel AlexNoerdin menambahkan, pelaksanaan SEA Games XXVI pada 11-22 November 2011 banyak manfaatnya bagi Sumsel.“Dengan adanya pesta olahraga se-Asia Tenggara tersebut Sumsel bisa memiliki fasilitas olahraga bertarafinternasional,” katagubernur seusai menyaksikan pembukaan kejuaraan Polo Air di Kolam Renang Lumban Tirta Palembang, kemarin. Kolam Renang Lumban Tirta Palembang akan dijadikan tempat pertandingan Polo Air sehingga mulai dilaksanakan uji coba.

“Bahkan, di kawasan Jakabaring Palembang berdiri kolam renang berstandar internasional dengan peralatan canggih,”jelasnya. “Bukan itu saja, tetapi juga berbagai fasilitas olahraga bertaraf internasional di daerah Sumsel menjadi bertambah. Jadi pesta olahraga akbar tersebut banyak manfaatnya bagi daerah khususnya Sumsel,”papar Alex. Karena itu,gubernur mengajak masyarakat bersama-sama mendukung pesta olahraga yang pertama dilaksanakan di luar pulau Jawa tersebut supaya berlangsung sukses.“Ambil positifnya bukan mencari-cari kesalahan,”katanya.

Sementara persiapan penyelenggaraan SEA Games diharapkan tidak hanya difokuskan pada persiapan fisik bangunan tempat pertandingan, tetapi juga terhadap para petugas lapangan untuk keperluan pertandingan maupun dalam pekerjaan teknis lainnya. Hal tersebut dinyatakan Direktur Turnamen Tenis Garuda Indonesia Championships Teddy saat berlangsungnya event ini di Stadion Tenis Gelora Jakabaring, Palembang,kemarin. Turnamentenisdigelaruntuk uji tempat pertandingan sekaligus petugas lapangan sebelum digunakan untuk SEA Games, 11-22 November mendatang.

Menurut Teddy kekurangan dalam hal pembangunan fisik bangunan mungkin dapat dikejar dalam waktu sebulan terakhir ini.“Namun, kekurangan dalam hal petugas di lapangan, baik untuk pertandingan maupun hal teknis lainnya perlu mendapat perhatian lebih,”tuturnya. Teddy mencontohkan pada uji lapangan tenis dan petugas lapangannya, masih banyak kekurangan yang muncul. Menurutnya para penjaga garis dan pemungut bola, masih banyak yang belum tahu bagaimana bertugas dengan baik dan benar.

Akibatnya jalannya pertandingan acap kali terganggu karena wasit harus sering kali mengingatkan mereka agar melakukan sesuatu yang semestinya dapat mereka lakukan secara otomatis,”jelasnya. Menurut Teddy para petugas tersebut perlu segera dilatih intensif agar pada SEA Games nanti dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Kekurangan yang terjadi pada para petugas lapangan tersebut dapat dipahami karena mereka tidak pernah bertugas pada pertandingan internasional.

Namun demikian perlu diupayakan bagaimana agar mereka tidak membuat kesalahan lagi saat SEA Games dilaksanakan. Lancar atau tidaknya suatu pertandingan sangat dipengaruhi oleh penampilan para petugas lapangan dalam menjalankan tugas. Kalaumerekakacau, makaakan berdampak buruk pada jalannya pertandingan secara keseluruhan. Hal ini perlu mendapat perhatian serius semua pihak.

0 Response to "Gubernur Sumsel Alex Noerdin"

Posting Komentar