Grafika Meru

Tak kunjung membaiknya kondisi Perusahaan Daerah (PD) Grafika Meru melambungkan wacana penutupan badan usaha milik daerah (BUMD) tersebut dan asetnya dimanfaatkan untuk penguatan modal PD Prode-xim. Wacana tersebut muncul seusai rapat koordinasi antara Komisi III DPRD Sumsel dan beberapa manajemen BUMD di Sumsel. Salah satunya yaitu PD Prodexim, yang kondisinya saat ini hidup segan mati tak mau. Sebab, kontribusi yang dihasilkan BUMD tersebut kepada Pemprov Sumsel sangat minim.

Direktur PD Prodexim Muchlis Diponegoro mengatakan, PAD pada tahun 2010 perusahaan itu Rp10 juta. Menurut dia, pada 2011 ini target PAD sesuai yang disampaikan, yakni sekitar Rp25 juta– Rp30 juta. “Kami berupaya memberikan kontribusi bagi daerah,”ujarnya. Menurutnya, bidang usaha perusahaan daerah yang dilakoninya itu bisa terkait trading batu bara, transportir pupuk, semen, bidang perumahan. Yang nantinya ada rencana untuk wisma asrama haji lama sebagai gedung perkantoran. “Untuk wisma asrama haji itu akan dibangun gedung perkantoran bekerja sama dengan pihak ketiga,”imbuhnya. Muchlis menuturkan, nilai investasi untuk membangun gedung perkantoran itu sekitar Rp140 miliar.

Bahkan, Muchlis sangat mendukung jika aset milik Grafika Meru bisa dialihkan ke Prodexim. “Kami siap jika memang nantinya aset (Grafika Meru) itu diserahkan ke Prodexim. Memang banyak aset PD Grafika Meru itu seperti tanah di Sekojo dan lainnya yang diperkirakan nilainya di atas Rp10 miliar,”ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III Hasbullah Akib mengatakan,berdasarkan hasil pertemuan dengan mitra, memang belum diambil keputusan apapun. Namun, masih menunggu pembahasan sampai Selasa (7/6).“Mereka memang sudah laporkan kondisi perusahaan daerah terutama soal kerugian, aset, dan lainnya. Namun, kita masih tunggu pembahasan selanjutnya,” ujarnya.

Terkait hal ini, Gubernur Sumsel Alex Noerdin menanggapi positif saran agar BUMD PD Grafika Meru yang “sakit” untuk dilikuidasi dan asetnya dapat dialihkan untuk memperkuat PD Prodexim.“Di masa yang akan datang kami akan melaksanakan upayaupaya penyehatan perusahaan yang lebih konkret dengan kajian dan perencanaan yang lebih baik lagi,”pungkasnya. Demikian catatan online Blogger Palembang yang berjudul Grafika Meru.

0 Response to "Grafika Meru"

Posting Komentar