Rencana Pembangunan Rumah

Rencana Pembangunan Rumah sementara bagi warga lereng Merapi oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) masih menunggu pendataan kepastian jumlah rumah warga yang rusak.

"Pembangunan rumah sementara atau shelter pasti dilakukan namun status Merapi yang masih berada pada level awas membuat pendataan belum terselesaikan," kata Kepala BNPB, Syamsul Maarif, usai meninjau Desa Balerante, Klaten, Rabu (17/11/2010).

Para warga lereng Merapi, lanjutnya, dapat menempati rumah sementara tersebut sambil melakukan perbaikan rumah mereka di pemukiman asal.

Lokasi pembangunan shelter, ditentukan oleh pemerintah daerah di empat kabupaten yang terkena dampak langsung erupsi Merapi yakni Boyolali, Klaten, Magelang (Jateng) dan Sleman (DI Yogyakarta).

Jumlah rumah yang rusak akibat sapuan awan panas Merapi, jelasnya, belum dapat dipastikan hingga saat ini, namun masing-masing pemkab telah memiliki perkiraan jumlah rumah yang harus mendapatkan rehabilitasi dan rekonstruksi tersebut.

Dalam kesempatan peninjauan ke Balerante, Syamsul yang menemui Sekretaris Desa Balerante, Basuki, untuk mengetahui keinginan warga terkait perbaikan kerusakan rumah warga.

Desa Balerante yang terletak di Kecamatan Kemalang, merupakan desa yang berjarak sekitar lima kilometer dari puncak Merapi dan rusak parah akibat erupsi Merapi pada Jumat (5/11) lalu.

"Sekdes menyampaikan bahwa jumlah rumah yang rusak dan tidak layak huni berjumlah sekitar 250 unit," katanya.

Namun, lanjutnya, pihak pemerintah desa setempat belum dapat memberikan rekomendasi lokasi pembangunan rumah sementara bagi para warga yang akan diperbantukan oleh BNPB, Pemkab, dan Pemprov Jateng.

Menurut Syamsul, pihaknya belum dapat menentukan jumlah dana yang akan dialokasikan untuk pembangunan hunian sementara tersebut.

"Alokasi dana bagi warga Merapi akan diambil dari dana tanggap darurat sebesar Rp 200 miliar dari Kementerian Keuangan. Demikian catatan online Blogger Palembang tentang Rencana Pembangunan Rumah korban gunung merapi.

0 Response to "Rencana Pembangunan Rumah"

Posting Komentar