Mobil Listrik

Mobil Listrik berpenampilan keren dan hemat dalam pengisian baterai, walaupun Audi tidak lagi memproduksi mobil kecil Audi A2. Setelah satu unit dimodifikasi oleh Lekker Energie dari Jerman yang berkolaborasi dengan DBM Energy, Perancis, dan dijadikan mobil listrik, hasilnya sangat mencengangkan.

Mobil ListrikSatu kali isi baterai, mobil ini bisa digunakan menempuh jarak hampir 600 km, yaitu antara M√ľnchen dan Berlin. Prestasi ini ditorehkan pada Selasa kemarin oleh Mirko Hannemann, bos perusahaan kecil asal Jerman itu.

Mempercepat elektrifikasi Dengan prestasi tersebut, semangat para ahli dan produsen mobil untuk mengenjot kehadiran mobil listrik secara massal dinilai lebih ramah terhadap lingkungan semakin cepat. Ini juga akan mempercepat peran mobil listrik menggantikan kendaraan yang menggunakan mesin bensin dan diesel.

Saat ini, kendala mobil listrik adalah jarak tempuh yang sangat terbatas. Mobil-mobil ini rata-rata hanya bisa digunakan untuk menempuh jarak 60-70 km dalam sekali isi baterai. Hanya Nissan Leaf mobil listrik murni yang akan diluncurkan pada Desember mendatang yang mengklaim bisa buat menempuh jarak 160 km.

Rekor Dunia Hasil yang dicapai Lekker merupakan rekor dunia untuk mobil listrik saat ini. Kecepatan rata-rata mobil tersebut ketika digunakan adalah 90 km/jam. Lekker mengatakan, Audi A2 yang digunakan tidak perlu dimodifikasi secara besar-besaran.

Dia juga menjelaskan, baterai yang digunakan adalah lithium metal-polymer dengan bobot lebih ringan dibandingkan lithium-ion konvensional. Tepatnya, baterai tersebut menggunakan teknologi KOLIBRI Alphapolymer dengan efisiensi 97 persen.

Menurut pengemudinya, Mirko Hannemann (27), yang juga bos dari Lekker, tinggal mencolokkan steker di mobil ke stop kontak tegangan tinggi untuk mengisi baterai mobilnya. “Pengisian penuh berlangsung selama 6 menit sesuai dengan keterangan,” kata Hannemann.

Walau demikian, Hannemann belum mau menyebutkan harga baterainya. Ia hanya mengatakan, baterainya lebih bertenaga dan murah jika dibandingkan dengan lithium-ion konvensional. Ia juga berencana untuk segera memproduksi baterai ini secara massal. Upayanya melakukan tes adalah untuk mencari investor.

Ketika sampai di Berlin pada pagi hari (08.00 waktu setempat), Hannemann yang keluar dari mobil memperlihatkan baterainya. “Jika wartawan ingin mengisi iPhone, masih ada listrik yang tersisa,” celetuknya.

Kedatangannya disambut oleh Menteri Ekonomi Jerman Rainer Bruederle, yang sampat berkeliling sebentar dengan mobil ini.

Pada jumpa pers, Bruederle mengatakan, “Selamat datang di rekor dunia. Sebelumnya mobil listrik cuma bisa buat menempuh jarak 60-70 km untuk sekali isi baterai. Ini adalah lompatan teknologi,” ungkapnya.

Hannemann juga menjelaskan, periset Jepang memang telah berhasil membuat mobil listrik dengan jarak tempuh 1.000 km lebih untuk sekali isi baterai. “Namun, itu mobil eksperimen, sedangkan yang dibuat Lekker Energie dan DBM Energy jauh lebih maju karena menggunakan kendaraan sehari-hari,” bebernya.

Kanselir Jerman Angela Merkel sudah menargetkan, Jerman harus punya satu juta mobil listrik pada 2020. Tampaknya, tekad Jerman akan menjadi kenyataan! Bahkan bisa lebih cepat! Demikian informasi dari Mobil keluarga Ideal Terbaik Indonesia tentang Mobil Listrik terima kasih.

2 Responses to "Mobil Listrik"

  1. menarik bgt ya, mobil listriknya hehehe, maen2 jg ya k blog ane
    http://coffeeandcomedys.blogspot.com/2010_10_01_archive.html

    BalasHapus
  2. Lim Mawan @ makasih dan berkunjung ke blog saya....

    BalasHapus